Thursday 20 March 2014

SUMBER DAYA KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI



BAB II
PEMBAHASAN


A.        PERANTI KERTAS
Komputer memiliki bermacam- macam kecepatan dan harga,namun semua memiliki fitur- fitur yang umum. Fitur – fitur yang menjadi perhatian kita adalah prosesor, memori, kapasitas penyimpanan, dan alat input dan output.

1.     Prosesor
Prosesor (yang disebut pula sebagai unit pemproses pusat atau central processing unit – CPU) adalah tempat dimana pemprosesan data dilakukan. Intel, Advenced Micro Devices (AMD), Cyric, Motorolla, dan perusahaan – perusahaan lainnya memproduksi prosesor mikro yang terdapat di banyak komputer mikro populer.
Kecepatan Prosesor diukur oleh jumlah siklus yang terjadi per detik, dan angka ini telah berkembang dengan sangat cepat selama beberapa tahun sejak IMB memperkenalkan komputer mikronya yang pertama. Kecepatan pada awalnya dinyatakan dalam megahertz (MHz).
Ukuran Word Prosesor – prosesor pertama disebut mesin “8-bit” karena data sebesar 8 bit akan membentuk ukuran dari suatu “word”. Bit  adalah nilai tunggal yang terdiri atas nol atau satu. Word adalah ukuran dari berapa banyak bit yang dapat digerakan dengan satu siklus komputer. Ukuran Word adalah hal yang penting, ia menentukan berapa banyak karakter yang dapat dipindahkan dalam satu siklus prosesor.
Kekuatan kekuatan komputer dipengaruhi oleh ukuran word dan kecepatan prosesor. Perbaikan dalam sirkuit prosesor akan memungkinkan operasi (seperti penambahan, perbandingan nilai – nilai data, dan lain- lain) dikerjakan dalam siklus yang lebih sedikit.


2.     Memori
Pada dasarnya data disimpan disebuah komputer dalam dua cara – memori dan penyimpanan. Memori, yang disebut juga ruang penyimpanan primer atau random access memory (RAM), mengacu pula area penyimpanan yang terdapat padapapan sirkuit komputer. Memori dapat dianggap sebagai suatu ruangan kerja yang digunakan oleh prosesor.

3.     Ruang Penyimpanan
Ruang penyimpanan dapat berbentuk tetap atau dapat dilepas. Ruang Penyimpanan Tetap (fixed storage) adalah ruang penyimpanan yang terpasang secara permanen di dalam omputer. Contohnya adalah hard drive omputer mikro anda. Ruang penyimpanan yang dapat dilepas (removable storage) biasanya berbentuk sebuah pipa, disk ( yang dikenal pusa sebagai disket), flash drive USB (terkadang dapat disebut “pen drive”), CD, atau media jinjing lainnya.

4.       Alat – alat Input (Input Devices)
Komputer tidak akan banyak berguna tanpa alat – alat input dan ouput. Operasi bisnis membutuhkan sejumlah besar alat – alat input dan output, dan dikembangkan alat – alat untuk memenuhi kebutukan tersebut.
Data yang diterima dari manusia (human – captured data)mengacu pada input yang diisi oleh seseorang yang mengetik pada sebuah keyboard, menekan mouse, menyentuh monitor, berbicara ke mikrifon, atau interaksi lain yang serupa.
Terdapat dua kendala bagi data yang diterima dari manusia. Pertama, lambat. Kedua, biasanya tidak dapat mencapai tingkat akurasi yang sangat tinggi seperti data yang diterimadari mesin (manchine- captired data)  data yang diterima oleh suatu alat elektronik atau mekanis.




  1. Alat – Alat Output ( Output Devices )
Dua alat output yang paling dikenal adalah layar omputer, yang terkadang disebut monitor, dan printer. Meskipun konsep “kantor tanpa kertas” telah terdapat banyak perhatian, hasil ourput cetakan tetap merupakan fakta dari komputasi.
Gambar pada sebuah layar omputer sangat dipengaruhi oleh resolusi layar. Resolusi layar (screen resolution) mengacu pada jumlah piksel, titik – titik cahaya yang terdapat pada monitor, yang ditampilkan dilayar.
Printer memiliki keunggulan serupa dengan monitor. Perubahan – perubahan penting printer terjadi dalam bidang resolusi pencetakan, kecepatan pencetakan, dan warna. Printer umum dewasa ini menggunakan teknologi laser atau tinta.printer laser pada intinya sama seperti mesin fotocopy, sedangkan printer tinta menyemprotkan tinta pada permukaan kertas.

  1. Multimedia
Evolusi pertama alat input dan output adalah munuju komputer multimedia, penggunaan lebih dari satu mediapada saat yang sama. Sebagai contoh informasi dalam bentuk teks dapat di proyeksikan ke layar komputer dengan disertai oleh suatu gambar atau video. Penggunaan tidak hanya mengetikan perintah, mereka menggunakan alat penunjuk seperti mouse atau berbicara ke mikrofon untuk memilih icon, yang selanjutnya,  menyebabkan komputer berpotensi pada layar pesan.

B.        ALAT – ALAT KOMPUTASI PRIBADI
Komputasi pribadi telah lama dihubung-hubungkan dengan komputer mikro. Bahkan komputer mikro pada awalnya disebut komputer pribadi (personal komputer).

1.       Telepon Seluler dengan Pesan dan Video Interaktif
Perusahaan – perusahaan pembuat telepon seluler popular (Samsung, Nokia, Ericsson, dan lain- lain) telah membuat telepon yang menampilkan pesan tulisan dan gambar – gambar berukuran kecil dilayar tampilannya. Beberapa telepon seluler dapat menyimpan video – video pendek. Keypad menjadi alat input, meskipun beberapa orang merasa pengguliran nilai – nilai di keypad telepon adalah hal yang membosankan, namun, telepon seluler memiliki kapasitas komputasi yang mendasar saja, dan keypad serta layar tampilannya bertindak sebagai alat input dan output.

2.       Telepon Seluler Cerdas
Telepon seluler dianggap sebagai telepon cerdas ( smart phone ) ketika ia menjalankan pekerjaan – pekerjaan yang biasanya dihubungkan dengan komputer mikro.

3.       Jaringan Rumah
Jaringan komputer rumah telah sama populernya seperti perusahaan TV kabel dan perusahaan telepon yang memasarkan modem untuk koneksi internet “broadband”.
Pemasangan Modem Banyak rumah tangga yang memiliki lebih dari satu komputer mikro memiliki gerbang berkecepatan tinggi ke internet melalui modem kabel atau DSL. Masalahnya adalah bagaimana menbagi satu konelsi di antara beberapa komputer. Solusi yang paling umum adalah menggunakan sebuah router nirkabel. Modem akan tersambung ke router, dan router tersambung ke komputer melalui sebuah jaringan nirkabel.
Keamanan Nirkabel wired equivalent privacy (WEP) adalah standar yang umum, jadi ada kemungkinan seorang yang memiliki alat tang tepat di tempan yang tepat dan waktu yang tepat akan dapat menangkap dan memecahkan kode sandi anda, namun kemungkinannya kecil.

4.       Keamanan Komputasi Rumah
Tiga aspek keamanan memiliki arti yang penting bagi omputer mikro yang anda pergunakan di rumah dan di tempat kerja : update sistem operasi, virus, dan spywere. Keamanan bagi sumber daya sebuah organisasi seperti sever web, basis data, dan jaringan hendaknya menjadi tanggung jawab dari para professional sistem informasi.
Perbaruan terdapat dua jenis perbaruan (update) yang penting bagi pengguna individu : update untuk sistem operasi dan untuk peranti k lunak aplikasi.  Meng-update sistem operasi anda penting artinya bagi keamana dan efesiensi.  Keamanan adalah kepentingan utama, namun evesiensi  hendaknya tidak diabaikan. Hamper setiap hari terdapat satu jenis peranti keras baru yang dibuat atau diperbaiki. Aplikasi perantik lunak menambahkan fitur – fitur baru. Jika anda tidak meng-update sistem operasi anda, anda mungkin tidak dapat menggunakan produk – produk atau fitur – fitur ini secara efisien.
Hacker adalah orang – orang yang mecoba untuk menerobos masuk ke sistem komputer guna mengumpulkan informasi, menolak akses pemilik ke sumber daya komputer miliknya, menghapus file-file, atau mengacaukan penggunaak komputer mikro oleh para pemiliknya.
Virus komputer adalah program – program komputer kecil yang mengadakan diri dengan memasukan diri merika ke dalam sumber daya komputer seperti program atau file.
Spyware adalah sebuah program komputer kecil yang mengawasi apa yang sedang anda kerjakan dengan sumber daya komputer anda.beberapa spyware melaporkan aktivitas komputer anda, seperti situs- situs Web mana yang anda kunjungi atau aplikasi komputer apa yang anda pergunakan, ke entitas lain.

C.        PERANTIK LUNAK
Terdapat dua jenis perantik lunak : perantik lunak sistem dan aplikasi. Perantik lunak sistem dibutuhkan untuk menggunakan komputer, sedangkan perantik lunak aplikasi memproses data pengguna. Perantik lunak aplikasi dapat diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dibuat sesuai pesanan untuk pengguna tertentu.



1.     Perantik Lunak Sistem
Perantik lunak sistem (system software) atau yang disebut juga perantik lunak sistem operasi, menjalankan tugas – tugas mendasar yang dibutuhkan oleh seluruh pengguna dari satu komputer tertentu.

2.     Perantik Lunak Aplikasi
Para profesional sistem informasi membuat peranti lunak siap pakai dan perantik lunak aplikasi sesuai pesanan.  Dengan meningkatnya pengetahuan para pengguna komputer maka meningkatnya pula jumlah aplikasi yang ditulis sendiri oleh para pengguna akhir.
Perantik lunak aplikasi siap pakai (prewritten application software) atau kadang – kadang disebut perantik lunak off-the-shelf, diproduksi oleh pemasok dan dijual kepada pengguna. Pengguna dapat menggunakan perantik lunak yang telah dikembangkan oleh programmer – programmer yang berpengalaman tanpa harus mempekerjakan   programmer sendiri atau belajar bagaimana cara membuat program. Perantik lunak siap pakai memiliki dua keuntungan penting :
·      Perantik lunak siap pakai telah langsung tersedia, bisnis tidak langsung mengunggu programmer mengembangkannya selama tiga minggu atau enam bulan
·      Perantik lunak siap pakai lebih murah dari pada perantik lunak khusus.

Perantik lunak aplikasi khusus terkadang sebuah organisasi memiliki operasi yang unik. Dalam kasus – kasus seperti ini, bisnis mengkin memiliki programmer atau sekelompok programmer konsultannya sendiri yang menulis perantik lunak untuk  memenuhi kebutuhannya. Perantik lunak seperti ini disebut perantik lunak aplikasi khusus (costum applications software).
Perantik Lunak Yang Ditulis Oleh Pengguna Faktor – faktor yang membuat pengguna akhir membuat aplikasi mereka sendiri adalah kecepatan kapan aplikasi tersebut dibutuhkan, tingkat kerumitan aplikasi, dan kemudahan penggunaan paket perantik lunak.
3.     Peranan Perantik Lunak yang Mudah Digunakan Pengguna
Perantik lunak yang sederhana dan penggunanya instuitif sering kali dikatakan mudah digunakan pengguna (user-friendly). Istilah ini mungkin dapat memiliki suatu konotasi negatif dimana secara tidak langsung dapat diartikan bahwa aplikasi ini telah dibuat dengan begitu sederhana sehingga semua orang dapat mempergunakannya.

D.        KOMUNIKASI
Protokol adalah spesifikasi dalam pemformatan data yang akan ditransfer di antara peralatan komunikasi.

1.    Koneksi Publik
Modem Telepon menghubungkan sekitar setengah komputer rumah ke internet pada kecepatan 56 Kbps (56.000 bit per detik). Protokol – protokol jaringan Layanan Digital Terintegrasi (integrated services Digital Network- ISDN) dan Saluran Berlangganan Digital (Digital Subcriber Line_DSL) menjadi standart untuk mengirim data pada kecepatan 1,5 hingga 32 Mbps (32 juta bit per detik) melalui saluran telepon standar.
Paket (packet) adalah satu bagian dari data total yang akan dikomunikasikan, digabungkan dengan alamat komputer yang dituju, alamat komputer pengirim, dan informasi pengendalian lainnya.
Modem Kabel sebenarnya tersambung ke internet melalui kabel coaxial yang umumnya digunakan untuk menerima siaran televise kabel. Modem kabel biasanya mencapai kecepatan 2 Mbps. Akan tetapi, kecepatan yang sebenarnya terkadang hanya mampu mencapai 512 Kbps saja.

2.    Saluran Pribadi
Saluran pribadi (private line) adalah suatu sirkuit yang selalu terbuka untuk lalu lintas komunikasi anda. Istilah – istilah saluran sewaan (leased line) dan saluran khusus (dedicted line) juga dipergunakan . saluran pribadi yang ditujukan untuk anda gunakan disediakan oleh penyedia layanan yang umum, yaitu perusahaan telepon. Perusahaan anda membayar biaya tetap bulanan atas penggunaan saluran, oleh karena itu, semakin banyak penggunaan yang diterima oleh saluran, maka semakin kicil biaya per-unit datanya.

3.    Jaringan Pribadi Maya (Virtual private Networks)
Jaringan pribadi Maya (virtual private networks- VPN) mengimplementasikan VPN, organisasi perlu mengadakan kontrak dengan penyediaan layana internet  yang menggunakan perantik lunak tunneling.

4.    Komunikasi – Jaringan
Internasional organization for standardization (WWW.ISO.ORG) didirikan pada tahun 1946, organisasi ini menciptakan arsitektur standar Interkoneksi Sistem Terbuka (Open Sistem Interconnection –OSI) bagi koneksi – koneksi jaringan. OSI terdiri atas sebiah model tujuh lapisan. Tingkatan – tingkatannya dirinci sehingga fungsi yang tepat dari masing – masing lapisan komunikasi dapat didefinisikan dengan jelas.

5.    Protokol untuk Komunikasi Komputer
Terminal adalah suatu alat yang tidak memiliki ruang penyimpanan atau prossesor. Terminal hanya menyediakan alat memasukan  dan menampilkan data bagi komputer.
Sistem Network Architecture IMB menciptakan Sistem Network Architecture (SNA) sebagai salah satu protokol miliknya pada tahun 1974. Protokol ini dirancang untuk komputer – komputer besar, bukan komputer mikro.
Token Ring Token adalah komputer yang diperbolehkan untuk mengendalikan komunikasi.
Ethernet Xerox mengembangkan suatu arsitektur komunikasi peer-to-peer yang berbeda pada awal tahun 1970-an, dan dengan bekerja sama beserta intel dan digital equipment corpotation, mengeluarkan Ethernet. Ethernet adalah suatu protokol perbuka bagi komunikasi peer-to-peer.

6.    Paket
Paket data adalah suatu bagian dari data total yang akan dikomunasikan, digabungkan dengan alamat komputer yang dituju, komputer pengirim, dan informasi kendali lainnya.

7.    Alamat Jaringan Internet
Alamat IP adalah empat bagian kumpulan angka (yang masing – masing antara 0 hingga 225), yang dipisahkan oleh titik. Bagian – bagian tersebut akan menunjukan jaringan host, subjaringan, dan komputer yang sedang dituju.

E.         JENIS – JENIS JARINGAN
1.    Jaringan  Area Lokal (Local Area Networks)
Jaringan Area Lokal atau local Area networks (LAN) adalah sekelompok komputer dan alat – alat lainnya (seperti printer) yang terkoneksi oleh satu media yang sama. Media ini biasanya berupa kabel tembaga, namun dapat berupa nirkabel, serat optik, atau media – media lainnya.
Jaringan Area Metropolitan atau metropolitan area network (MAN) adalah suatu jaringan yang memiliki batas jarak fisik sebesar kurang lebih 30 mil.
Jaringan Area Luas atau wide area network (WAN) digunakan untuk menghubungkan komputer – komputer dan alat – alat lainnya ketika jaraknya melebihi batas LAN dan MAN.

2.     Internet
Internet telah memberikan dampak yang jauh lebih besar pada komuniasi berbasis komputer daripada perkembangan yang lain, dan ia juga telah memunculkan aplikasi – aplikasi khusus lainnya seperti inraner dan ekstranet. Sederhananya, internet hanyalah sekumpulan jaringan yang dapat disatukan bersama. Jika anda memiliki satu LAN di satu suite kantor dan satu LAN lagi di suite kantor lain. Anda dapat menggabungkan keduanya, sehingga menciptakan suatu internet.
Intranet organisasi dapat membatasi akses ke jaringan mereka hanya kepada anggota – anggota organisasi dengan menggunakan intranet. Intranet menggunakan komputer jaringan yang sama dengan internet, namun membatasi akses ke sumber daya komputer hanya pada sekelompok orang terpilih di dalam organisasi.
Ekstranet koneksi ke pengguna – pengguna diluar perusahaan kemungkinan besar akan dapat dilakukan melalui internet. Ketika intranet diperluas untuk mencakup pengguna – pengguna di luar perusahaan, maka disebut sebagai ekstranet.

F.         KONVERGENSI KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI
Alat-alat komputasi dan alat-alat komunikasi kini saling menyertakan fitur-fitur yang dimiliki di antara keduanya.
Voice Over Internet Protokol (VoIP) adalah perlewatan komunikasi suara melalui internet laksana komunikasi digital.setiap sinyal suara dapat digatalisasi dan dikirimkan melalui internet dan dikirimkan melalui internet dan dimainkan kembali pada pengeras suara di tempat tujuannya.

0 comments:

Post a Comment