BAB II
PEMBAHASAN
A.
PERANTI
KERTAS
Komputer memiliki
bermacam- macam kecepatan dan harga,namun semua memiliki fitur- fitur yang
umum. Fitur – fitur yang menjadi perhatian kita adalah prosesor, memori,
kapasitas penyimpanan, dan alat input dan output.
1. Prosesor
Prosesor (yang
disebut pula sebagai unit pemproses pusat atau central processing unit – CPU)
adalah tempat dimana pemprosesan data dilakukan. Intel, Advenced Micro Devices
(AMD), Cyric, Motorolla, dan perusahaan – perusahaan lainnya memproduksi
prosesor mikro yang terdapat di banyak komputer mikro populer.
Kecepatan Prosesor
diukur oleh jumlah siklus yang terjadi per detik, dan angka ini telah
berkembang dengan sangat cepat selama beberapa tahun sejak IMB memperkenalkan
komputer mikronya yang pertama. Kecepatan pada awalnya dinyatakan dalam
megahertz (MHz).
Ukuran Word Prosesor – prosesor pertama disebut
mesin “8-bit” karena data sebesar 8 bit akan membentuk ukuran dari suatu “word”. Bit adalah nilai tunggal yang terdiri atas nol
atau satu. Word adalah ukuran dari
berapa banyak bit yang dapat digerakan dengan satu siklus komputer. Ukuran Word adalah hal yang penting,
ia menentukan berapa banyak karakter yang dapat dipindahkan dalam satu siklus
prosesor.
Kekuatan kekuatan
komputer dipengaruhi oleh ukuran word dan kecepatan prosesor. Perbaikan dalam
sirkuit prosesor akan memungkinkan operasi (seperti penambahan, perbandingan
nilai – nilai data, dan lain- lain) dikerjakan dalam siklus yang lebih sedikit.
2. Memori
Pada dasarnya data
disimpan disebuah komputer dalam dua cara – memori dan penyimpanan. Memori, yang
disebut juga ruang penyimpanan primer
atau random access memory (RAM),
mengacu pula area penyimpanan yang terdapat padapapan sirkuit komputer. Memori
dapat dianggap sebagai suatu ruangan kerja yang digunakan oleh prosesor.
3. Ruang Penyimpanan
Ruang
penyimpanan dapat berbentuk tetap atau dapat dilepas. Ruang Penyimpanan Tetap
(fixed storage) adalah ruang penyimpanan yang terpasang secara permanen di
dalam omputer. Contohnya adalah hard drive omputer mikro anda. Ruang
penyimpanan yang dapat dilepas (removable storage) biasanya berbentuk sebuah
pipa, disk ( yang dikenal pusa sebagai disket), flash drive USB (terkadang
dapat disebut “pen drive”), CD, atau media jinjing lainnya.
4.
Alat
– alat Input (Input Devices)
Komputer
tidak akan banyak berguna tanpa alat – alat input dan ouput. Operasi bisnis
membutuhkan sejumlah besar alat – alat input dan output, dan dikembangkan alat
– alat untuk memenuhi kebutukan tersebut.
Data
yang diterima dari manusia (human – captured data)mengacu pada input yang diisi
oleh seseorang yang mengetik pada sebuah keyboard, menekan mouse, menyentuh
monitor, berbicara ke mikrifon, atau interaksi lain yang serupa.
Terdapat
dua kendala bagi data yang diterima dari manusia. Pertama, lambat. Kedua,
biasanya tidak dapat mencapai tingkat akurasi yang sangat tinggi seperti data
yang diterimadari mesin (manchine- captired data) data yang diterima oleh suatu alat elektronik
atau mekanis.
- Alat – Alat Output ( Output Devices )
Dua
alat output yang paling dikenal adalah layar omputer, yang terkadang disebut
monitor, dan printer. Meskipun konsep “kantor tanpa kertas” telah terdapat
banyak perhatian, hasil ourput cetakan tetap merupakan fakta dari komputasi.
Gambar
pada sebuah layar omputer sangat dipengaruhi oleh resolusi layar. Resolusi
layar (screen resolution) mengacu pada jumlah piksel, titik – titik cahaya yang
terdapat pada monitor, yang ditampilkan dilayar.
Printer
memiliki keunggulan serupa dengan monitor. Perubahan – perubahan penting
printer terjadi dalam bidang resolusi pencetakan, kecepatan pencetakan, dan
warna. Printer umum dewasa ini menggunakan teknologi laser atau tinta.printer
laser pada intinya sama seperti mesin fotocopy, sedangkan printer tinta
menyemprotkan tinta pada permukaan kertas.
- Multimedia
Evolusi
pertama alat input dan output adalah munuju komputer multimedia, penggunaan
lebih dari satu mediapada saat yang sama. Sebagai contoh informasi dalam bentuk
teks dapat di proyeksikan ke layar komputer dengan disertai oleh suatu gambar
atau video. Penggunaan tidak hanya mengetikan perintah, mereka menggunakan alat
penunjuk seperti mouse atau berbicara ke mikrofon untuk memilih icon, yang
selanjutnya, menyebabkan komputer
berpotensi pada layar pesan.
B.
ALAT
– ALAT KOMPUTASI PRIBADI
Komputasi pribadi telah lama dihubung-hubungkan dengan
komputer mikro. Bahkan komputer mikro pada awalnya disebut komputer pribadi (personal komputer).
1.
Telepon
Seluler dengan Pesan dan Video Interaktif
Perusahaan – perusahaan pembuat telepon
seluler popular (Samsung, Nokia, Ericsson, dan lain- lain) telah membuat
telepon yang menampilkan pesan tulisan dan gambar – gambar berukuran kecil
dilayar tampilannya. Beberapa telepon seluler dapat menyimpan video – video
pendek. Keypad menjadi alat input, meskipun beberapa orang merasa pengguliran
nilai – nilai di keypad telepon adalah hal yang membosankan, namun, telepon
seluler memiliki kapasitas komputasi yang mendasar saja, dan keypad serta layar
tampilannya bertindak sebagai alat input dan output.
2.
Telepon
Seluler Cerdas
Telepon
seluler dianggap sebagai telepon cerdas ( smart phone ) ketika ia menjalankan
pekerjaan – pekerjaan yang biasanya dihubungkan dengan komputer mikro.
3.
Jaringan
Rumah
Jaringan komputer rumah telah sama populernya seperti
perusahaan TV kabel dan perusahaan telepon yang memasarkan modem untuk koneksi
internet “broadband”.
Pemasangan Modem Banyak rumah tangga yang memiliki lebih
dari satu komputer mikro memiliki gerbang berkecepatan tinggi ke internet
melalui modem kabel atau DSL. Masalahnya adalah bagaimana menbagi satu konelsi
di antara beberapa komputer. Solusi yang paling umum adalah menggunakan sebuah
router nirkabel. Modem akan tersambung ke router, dan router tersambung ke
komputer melalui sebuah jaringan nirkabel.
Keamanan Nirkabel wired
equivalent privacy (WEP) adalah standar yang umum, jadi ada kemungkinan
seorang yang memiliki alat tang tepat di tempan yang tepat dan waktu yang tepat
akan dapat menangkap dan memecahkan kode sandi anda, namun kemungkinannya
kecil.
4.
Keamanan
Komputasi Rumah
Tiga aspek keamanan memiliki arti yang penting bagi omputer
mikro yang anda pergunakan di rumah dan di tempat kerja : update sistem
operasi, virus, dan spywere. Keamanan bagi sumber daya sebuah organisasi
seperti sever web, basis data, dan jaringan hendaknya menjadi tanggung jawab
dari para professional sistem informasi.
Perbaruan terdapat dua jenis perbaruan (update) yang
penting bagi pengguna individu : update untuk sistem operasi dan untuk peranti
k lunak aplikasi. Meng-update sistem
operasi anda penting artinya bagi keamana dan efesiensi. Keamanan adalah kepentingan utama, namun
evesiensi hendaknya tidak diabaikan.
Hamper setiap hari terdapat satu jenis peranti keras baru yang dibuat atau
diperbaiki. Aplikasi perantik lunak menambahkan fitur – fitur baru. Jika anda
tidak meng-update sistem operasi anda, anda mungkin tidak dapat menggunakan
produk – produk atau fitur – fitur ini secara efisien.
Hacker adalah orang – orang yang mecoba untuk menerobos
masuk ke sistem komputer guna mengumpulkan informasi, menolak akses pemilik ke
sumber daya komputer miliknya, menghapus file-file, atau mengacaukan penggunaak
komputer mikro oleh para pemiliknya.
Virus komputer adalah program – program komputer kecil yang
mengadakan diri dengan memasukan diri merika ke dalam sumber daya komputer
seperti program atau file.
Spyware adalah sebuah program komputer kecil yang mengawasi
apa yang sedang anda kerjakan dengan sumber daya komputer anda.beberapa spyware
melaporkan aktivitas komputer anda, seperti situs- situs Web mana yang anda
kunjungi atau aplikasi komputer apa yang anda pergunakan, ke entitas lain.
C.
PERANTIK
LUNAK
Terdapat dua jenis perantik lunak : perantik lunak sistem
dan aplikasi. Perantik lunak sistem dibutuhkan untuk menggunakan komputer,
sedangkan perantik lunak aplikasi memproses data pengguna. Perantik lunak
aplikasi dapat diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dibuat sesuai pesanan
untuk pengguna tertentu.
1. Perantik Lunak Sistem
Perantik lunak sistem (system software) atau yang disebut
juga perantik lunak sistem operasi,
menjalankan tugas – tugas mendasar yang dibutuhkan oleh seluruh pengguna dari
satu komputer tertentu.
2. Perantik Lunak Aplikasi
Para
profesional sistem informasi membuat peranti lunak siap pakai dan perantik
lunak aplikasi sesuai pesanan. Dengan
meningkatnya pengetahuan para pengguna komputer maka meningkatnya pula jumlah
aplikasi yang ditulis sendiri oleh para pengguna akhir.
Perantik lunak aplikasi siap pakai (prewritten application
software) atau kadang – kadang disebut perantik
lunak off-the-shelf, diproduksi oleh pemasok dan dijual kepada pengguna.
Pengguna dapat menggunakan perantik lunak yang telah dikembangkan oleh
programmer – programmer yang berpengalaman tanpa harus mempekerjakan programmer sendiri atau belajar bagaimana
cara membuat program. Perantik lunak siap pakai memiliki dua keuntungan penting
:
·
Perantik lunak siap pakai telah langsung
tersedia, bisnis tidak langsung mengunggu programmer mengembangkannya selama
tiga minggu atau enam bulan
·
Perantik lunak siap pakai lebih murah dari pada
perantik lunak khusus.
Perantik lunak
aplikasi khusus terkadang sebuah organisasi memiliki operasi yang unik. Dalam
kasus – kasus seperti ini, bisnis mengkin memiliki programmer atau sekelompok
programmer konsultannya sendiri yang menulis perantik lunak untuk memenuhi kebutuhannya. Perantik lunak seperti
ini disebut perantik lunak aplikasi khusus (costum applications software).
Perantik Lunak Yang Ditulis Oleh Pengguna Faktor – faktor
yang membuat pengguna akhir membuat aplikasi mereka sendiri adalah kecepatan
kapan aplikasi tersebut dibutuhkan, tingkat kerumitan aplikasi, dan kemudahan
penggunaan paket perantik lunak.
3. Peranan Perantik Lunak yang Mudah Digunakan
Pengguna
Perantik lunak yang sederhana dan penggunanya instuitif
sering kali dikatakan mudah digunakan pengguna (user-friendly). Istilah ini
mungkin dapat memiliki suatu konotasi negatif dimana secara tidak langsung
dapat diartikan bahwa aplikasi ini telah dibuat dengan begitu sederhana
sehingga semua orang dapat mempergunakannya.
D.
KOMUNIKASI
Protokol adalah spesifikasi dalam pemformatan data yang
akan ditransfer di antara peralatan komunikasi.
1.
Koneksi
Publik
Modem Telepon menghubungkan sekitar setengah komputer rumah
ke internet pada kecepatan 56 Kbps (56.000 bit per detik). Protokol – protokol
jaringan Layanan Digital Terintegrasi (integrated services Digital Network-
ISDN) dan Saluran Berlangganan Digital (Digital Subcriber Line_DSL) menjadi
standart untuk mengirim data pada kecepatan 1,5 hingga 32 Mbps (32 juta bit per
detik) melalui saluran telepon standar.
Paket (packet) adalah satu bagian dari data total yang akan
dikomunikasikan, digabungkan dengan alamat komputer yang dituju, alamat
komputer pengirim, dan informasi pengendalian lainnya.
Modem Kabel sebenarnya tersambung ke internet melalui kabel
coaxial yang umumnya digunakan untuk menerima siaran televise kabel. Modem
kabel biasanya mencapai kecepatan 2 Mbps. Akan tetapi, kecepatan yang
sebenarnya terkadang hanya mampu mencapai 512 Kbps saja.
2.
Saluran
Pribadi
Saluran pribadi (private line) adalah suatu sirkuit yang
selalu terbuka untuk lalu lintas komunikasi anda. Istilah – istilah saluran
sewaan (leased line) dan saluran khusus (dedicted line) juga dipergunakan .
saluran pribadi yang ditujukan untuk anda gunakan disediakan oleh penyedia
layanan yang umum, yaitu perusahaan telepon. Perusahaan anda membayar biaya
tetap bulanan atas penggunaan saluran, oleh karena itu, semakin banyak
penggunaan yang diterima oleh saluran, maka semakin kicil biaya per-unit
datanya.
3.
Jaringan
Pribadi Maya (Virtual private Networks)
Jaringan pribadi Maya (virtual private networks- VPN)
mengimplementasikan VPN, organisasi perlu mengadakan kontrak dengan penyediaan
layana internet yang menggunakan
perantik lunak tunneling.
4.
Komunikasi
– Jaringan
Internasional
organization for standardization (WWW.ISO.ORG) didirikan pada tahun 1946,
organisasi ini menciptakan arsitektur standar Interkoneksi Sistem Terbuka (Open
Sistem Interconnection –OSI) bagi koneksi – koneksi jaringan. OSI terdiri atas
sebiah model tujuh lapisan. Tingkatan – tingkatannya dirinci sehingga fungsi
yang tepat dari masing – masing lapisan komunikasi dapat didefinisikan dengan
jelas.
5.
Protokol
untuk Komunikasi Komputer
Terminal adalah suatu alat yang tidak memiliki ruang
penyimpanan atau prossesor. Terminal hanya menyediakan alat memasukan dan menampilkan data bagi komputer.
Sistem Network Architecture IMB menciptakan Sistem Network
Architecture (SNA) sebagai salah satu protokol miliknya pada tahun 1974.
Protokol ini dirancang untuk komputer – komputer besar, bukan komputer mikro.
Token Ring Token adalah komputer yang diperbolehkan untuk
mengendalikan komunikasi.
Ethernet Xerox mengembangkan suatu arsitektur komunikasi peer-to-peer yang berbeda pada awal
tahun 1970-an, dan dengan bekerja sama beserta intel dan digital equipment
corpotation, mengeluarkan Ethernet.
Ethernet adalah suatu protokol perbuka bagi komunikasi peer-to-peer.
6.
Paket
Paket data adalah suatu bagian dari data total yang akan
dikomunasikan, digabungkan dengan alamat komputer yang dituju, komputer
pengirim, dan informasi kendali lainnya.
7.
Alamat
Jaringan Internet
Alamat IP adalah empat bagian kumpulan angka (yang masing –
masing antara 0 hingga 225), yang dipisahkan oleh titik. Bagian – bagian
tersebut akan menunjukan jaringan host, subjaringan, dan komputer yang sedang
dituju.
E.
JENIS
– JENIS JARINGAN
1.
Jaringan Area Lokal (Local Area Networks)
Jaringan Area Lokal atau
local Area networks (LAN) adalah sekelompok komputer dan alat – alat
lainnya (seperti printer) yang terkoneksi oleh satu media yang sama. Media ini
biasanya berupa kabel tembaga, namun dapat berupa nirkabel, serat optik, atau
media – media lainnya.
Jaringan Area Metropolitan atau metropolitan area network (MAN) adalah suatu jaringan yang memiliki
batas jarak fisik sebesar kurang lebih 30 mil.
Jaringan Area Luas atau wide
area network (WAN) digunakan untuk menghubungkan komputer – komputer dan
alat – alat lainnya ketika jaraknya melebihi batas LAN dan MAN.
2. Internet
Internet telah memberikan dampak yang jauh lebih besar pada
komuniasi berbasis komputer daripada perkembangan yang lain, dan ia juga telah
memunculkan aplikasi – aplikasi khusus lainnya seperti inraner dan ekstranet.
Sederhananya, internet hanyalah sekumpulan jaringan yang dapat disatukan
bersama. Jika anda memiliki satu LAN di satu suite kantor dan satu LAN lagi di
suite kantor lain. Anda dapat menggabungkan keduanya, sehingga menciptakan
suatu internet.
Intranet organisasi dapat membatasi akses ke jaringan
mereka hanya kepada anggota – anggota organisasi dengan menggunakan intranet.
Intranet menggunakan komputer jaringan yang sama dengan internet, namun
membatasi akses ke sumber daya komputer hanya pada sekelompok orang terpilih di
dalam organisasi.
Ekstranet koneksi ke pengguna – pengguna diluar perusahaan
kemungkinan besar akan dapat dilakukan melalui internet. Ketika intranet
diperluas untuk mencakup pengguna – pengguna di luar perusahaan, maka disebut
sebagai ekstranet.
F.
KONVERGENSI
KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI
Alat-alat
komputasi dan alat-alat komunikasi kini saling menyertakan fitur-fitur yang
dimiliki di antara keduanya.
Voice Over Internet Protokol (VoIP) adalah perlewatan
komunikasi suara melalui internet laksana komunikasi digital.setiap sinyal
suara dapat digatalisasi dan dikirimkan melalui internet dan dikirimkan melalui
internet dan dimainkan kembali pada pengeras suara di tempat tujuannya.
0 comments:
Post a Comment